Paypal Bank Online

bisnis online dengan paypal. klik logo di bawah ini Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

rss

Kamis, 12 November 2009

Apresiasi Sastra


Peradilan Rakyat oleh Putu Wijaya menceritakan seorang pengacara muda yang dihakimi masyarakat karena ia ingin memberi pelajaran terhadap hukum Negara yang tidak pernah adil.
Cerita ini berawal dari kedatangan pengacara muda ke rumah ayahnya pengacara senior. Pengacara muda mengatakan bahwa dirinya mendapat tawaran dari pemerintah untuk menjadi pengacara pembela penjahat besar. Setelah diselidiki olehnya, pengacara muda tahu bahwa dirinya hanya dijadikan tumbal dalam teater hikum Negara dan akhirnya ia menolak tawaran Negara. Namun, di hari lain penjahat besar itu datang sendiri meminta bantuan kepada pengacara muda. Ppengacara muda menerima tawaran itu karena ia ingin memberikan pelajaran kepada Negara agar tidak mempermainkan hukum demi terlihatnya hukum Negara akan menjerat semua penjahat.
Pengacara senior memberi dukungan kepada pengacara muda dan menasehatinya untuk berhati-hati. Perkara akhirnya dimenangkan oleh penjahat besar itu. Penjahat besar lari ke Negara lain. Negara menjadi kacau. masyarakat berdemo. Pengacara muda diculik dan dibunuh.
·         Kali pertama saya membaca cerpen Peradilan Rakyat karya Pak Putu Wijaya, saya sangat senang. Banyak hal yang dapat saya petik dari cerpen tersebut, Misalnya:
Ø  Kehidupan adalah kebenaran yang ada dalam diri anda. Jangan biarkan orang lain menjatuhkan anda untuk suatu kebohongan.
Ø  Dalam menjalani suatu kehidupan kita harus berani dan jangan takut terhadap hasilnya tapi banggalah terhadap proses yang anda lakukan untuk meraih keberhasilan. Hasil akan baik jika anda beruntung dan akan buruk jika lagi kurang beruntung.
Ø  Jangan pernah mengabaikan perkataan orang tua, karena mereka sangat menyayangi anda.
Bagi anda yang ingin membaca cerpen Peradilan Rakyat oleh Putu Wijaya silakan ikuti tautan di bawah ini…
http://kumpulan-cerpen.blogspot.com/

oleh:INAS Klepon

0 komentar:


Posting Komentar

 

harta karun

bagi teman2/om/tante, bisa bergabung bersama kami untuk menemukan dolar yang akan bisa anda miliki sendiri. mau gabung??? klik saja link di bawah ini...

Sitemeter

pasang barner dapat dolar

yahoo messenger