Paypal Bank Online

bisnis online dengan paypal. klik logo di bawah ini Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

rss

Senin, 01 Maret 2010

Bahasa Indonesia Sangat Penting


Negara Indonesia kaya dengan lautan, pegunungan, hutan dan juga dataran. Kondisi alam seperti ini sangat memengaruhi terjadinya suku, ras, dan agama yang berbeda. Tentunya hal tersebut juga menentukan hal terkecil yang sering dilupakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya, yaitu bahasa.
Bahasa terbentuk dari kebutuhan-kebutuhan masyarakat. Masyarakat pesisir akan lebih mengenal kata-kata yang berkaitan dengan laut dan nelayan. Begitu juga para masyarakat yang hidupnya sebagai petani akan lebih mengenal kata-kata yang berkaitan dengan pertanian.
Selain itu, perbedaan wilayah juga menyebabkan terbentuknya bahasa yang berbeda-beda, seperti yang ada di Negara Indonesia. Pulau Bali memiliki bahasa daerah sendiri yaitu bahasa Bali. Pulau Jawa memiliki bahasa Jawa. Walaupun bahasa Jawa dikatakan digunakan di pulau Jawa, namun ada perbedaan antara bahasa oleh orang Jawa Timur dan Jawa Barat berbeda. Sebab itulah maka geografis dikatakan menentukan bahasa.
Begitu juga dengan ragam bahasa (dialek) Bali. Perbedaan sangat menonjol terjadi antara dialek Bali Utara dengan dialek Bali Selatan. Masyarakat Bali utara mengatakan “kema” untuk kata “ke sana” sedangkan masyarakat Bali Selatan mengatakan “kemu”.
Walaupun adanya perbedaan dialek seperti di Bali, namun hal tersebut tidak akan membuat masyarakat begitu kesulitan untuk menelaah kata-kata jika penutur masih sesame orang Bali. Lain halnya dengan perbedaan bahasa.
Bahasa Bali jika kita gunakan berkomunikasi dengan orang jawa yang tidak bisa berbahasa Bali, komunikasi kita akan percuma atau tidak berhasil. Bahkan bisa saja akan terjadi kesalahpahaman komunikasi. Misalnya anda dari Bali dan anda menggunakan kata “jengah (Bahasa Bali)” untuk makna semangat dan anda berbicara kepada orang yang tidak bisa Bahasa Bali dan dia pintar berbahasa Indonesia. Persepsi anda akan berbeda dangan persepsi orang itu karena kata “jengah” berarti enggan (dalam Bahasa Indonesia).
Kata “colok” juga pernah menimbulkan persengketaan antara teman saya dengan pedagang rokok. Saat teman saya membeli rokok tidak sengaja dia mengatakan “minta colok” yang dimaksud “colok” oleh teman saya adalah korek, tapi pedagang langsung marah-marah dan berkata “ngapain kau minta mulut aku?”. Untung saja ada masyarakat dari sana yang menjelaskan “colok” itu adalah korek.  
Banyaknya bahasa daerah yang ada di Indonesia menyebabkan sering terjadinya kesalahan persepsi komunikasi. Menghindari hal tersebut Negara kita mengesahkan satu bahasa Negara sebagai bahasa persatuan yang harus dikuasai oleh masyarakat Indonesia, yaitu bahasa Indonesia.
Komunikasi akan lebih lancar dan efektif bila kita menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bahasa Indonesia yang baik dan benar akan bisa anda gunakan dengan lancar apabila anda sering berlatih menggunakan bahasa Inonesia. Dari hal tersebut, mari kita belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga kita tidak mengalami kekeliruan komunikasi yang dapat mencelakai kita.
Selanjutkan, akan saya jelaskan apa saja yang perlu kita kuasai dalam Bahasa Indonesia.

2 komentar:

Blogger Terpanas on 3 Maret 2010 pukul 10.41 mengatakan...

orang indonesia sekarang kayaknya pada nggak tahu bahasanya sendiri, paling2 yang dia ingat dialek betawi loe dan gue. ada apa ya?
salam kenal ya.....nama blognya "angker" hehe....cetix setahu saya sesuatu yang nenyeramkan dari bali (tapi entah apa saya lupa)

Nyoman Ilang on 4 Maret 2010 pukul 00.54 mengatakan...

Blogger Terpanas@ salam kenal juga.
Benar sekali seperti yang anda katakan, sekarang bangsa kita kehilangan bahasa sendiri. Dari pengalaman yang saya peroleh di lapangan, masyarakat kita merasa sudah mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan fasih, tapi pada kenyataannya mereka belum bisa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
Masalah nama blog ini saya tidak sengaja teringat dengan nama ini, waktu itu saya ingin sekali membuat blog dan ternyata kata ini datang begitu saja. Cetix berasal dari bahasa Kawi (Jawa kuno "kalau tidak salah) tapi digunakan di Bali untuk menyebutkan ramuan yang beracun. Cetix biasanya didapat dari Balian (Dukun) dan digunakan untuk meracuni musuh, namun saya tidak tahu pasti apakah benda itu benar adanya.
Jika ada kesalahan kata saya mohon maaf. Terimakasi telah berkunjung ke belog ini.


Posting Komentar

 

harta karun

bagi teman2/om/tante, bisa bergabung bersama kami untuk menemukan dolar yang akan bisa anda miliki sendiri. mau gabung??? klik saja link di bawah ini...

Sitemeter

pasang barner dapat dolar

yahoo messenger