Paypal Bank Online

bisnis online dengan paypal. klik logo di bawah ini Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

rss

Rabu, 17 Februari 2010

Pendongeng dan Mendongeng


Dongeng merupakan salah satu karya sastra yang telah ada sejak dulu. Berawal dari cerita di masyarakat yang disampaikan secara lisan hingga kini disampaikan secara tertulis.
Dongeng menceritakan sebuah kehidupan khayalan. Kadang menceritakan kehidupan binatang yang mampu berkomunikasi dengan binatang. Ada juga yang menceritakan binatang berkomunikasi dengan binatang. Begitu juga seperti dongeng yang sering di terbitkan di majalah anak, kadang menceritakan seseorang di dunia khayalan.
Namun kita jangan melihat dongeng itu dari segi khayalnya. Lihatlah petuah-petuah yang terkandung dalam dongeng tersebut. Semua dongeng mengandung petuh yang dilandasi dengan ajaran agama yang benar, tingkahlaku kehidupan yang benar baik di masyarakat maupun dalam kaitanya dengan agama.
Semarak banyaknya dongeng yang disampaikan secara tertulis, banyak orang tua yang telah melupakan dongeng. Bahkan banyak orang tua yang menganggap dongeng itu tidak penting padahal dongeng sangat penting bagi perkembangan tingkah laku anak.
Banyak orang yang tidak pernah mendongengi anaknya sebelum tidur. Bahkan mereka memang tidak tahu dengan dongeng. Orang tua hanya memikirkan bagaimana memberikan anak makan, uang, barang, dan membiayai sekolah. tanpa sadar mereka mendidik anaknya menjadi orang yang materialistis.
Apalagi dengang adanya media audio visual (Televisi) orang tua sengaja membiarkan anaknya menonton siaran televisi yang tidak sesuai dengan umur dan perkembangan mental mereka. Orang tua banyak yang mengajak ananknya untuk menonton sinetron hiburan orang dewasa. Itu adalah hal yang keliru karena anak perlu mendapatkan sesuatu yang sesuai dengan perkembangan mental mereka.
Tidak salah juga, orang tua hanya memikirkan material dalam keluarga. Hanya dengan material manusia bisa hidup. Namun alangkah baiknya bila orang tua memberikan material dan juga memberikan pendidikan kepada anaknya sejak dini. Salah satunya yaitu dengan mendongeng.
Dongeng selain sebagai hiburan bagi anak, juga memberikan pendidikan yang sangat baik. perkembangan mental anak akan sangat baik jika sering mendengarkan dongeng ketika kecil.
Mengapa saya katakana dongeng itu penting?
Dongeng berisi petuah (nilai norma). Dalam dongeng selalu ada tokoh yang jahat dan yang baik. Akhir cerita pasti yang jahat akan mengalami hal yang buruk. Dari itu dapat dilihat langsung bahwa adanya nilai norma yang terkandung yang dapat diikuti oleh anak-anak. Anak-anak pasti akan menirukan sifat tokoh yang baik karena anak-anak tidak mungkin bercita-cita mendapatkan kesialan.
Dongeng menceritakan tentang anak-anak. Dari ceritanya sudah sangat sesuai dengan penikmatnya. Anak-anak akan sangat senang bila kita memberikan mereka dongeng, bahkan mereka akan selalu ingat dengan dongeng tersebut karena cerita dalam dongeng hampir mirib dengan kehidupan mereka.
Dongeng menceritakan binatang. Anak-anak biasanya suka dengan binatang. Mereka sering mengkhayal memiliki binatang yang bisa diajak berkomunikasi. Dari itulah mereka akan sangat senang jika kita menceritakan monyet, kerbau, gajah, buaya dan binatang yang lainnya bisa berbicara. Mereka juga akan mengerti bahwa binatang hanya bisa berbicara dalam dunia dongeng.
Dongeng dapat dijadikan sebagai pemacu anak untuk belajar membaca. Keseriangan mendengarkan dongeng tidak sama dengan keseringan menonton televisi. Keseringan mendengarkan akan membuat anak-anak ketagihan mendengarkan dongeng. Hal itulah yang kita manfaatkan untuk mengajarkan anak membaca dan suka membaca. Dari mendengarkan, kita perlihatkan buku dongeng dan mulai memperlihatkan huruf atau mengenalkan huruf dan kata kepada anak. Perlahan kita ajarkan cara pembentuka katanya hingga mereka bisa membeca. Pastinya mereka akan senang, karena anak-anak memiliki keinginan yang sangat besar untuk mengenal hal baru lalu menceritakannya kepada orang lain.
Itulah mengapa mendongeng itu penting menurut saya. Namun, sekarang kita kewalahan mencari seorang pendongeng di dalam keluarga. Karena banyak orang tua yang menganggap atau tidak menyadari dongeng itu penting bagi anak-anak mereka. Atau mereka kesulitan untuk belajar mendongeng.
Jika kesulitan untuk belajar mendongeng anda tidak perlu bingung. Apalagi anda bisa membaca. Anda perlu membaca dongeng itu saja dan memahami makna apa yang terkandung dalam dongeng itu. Dalam berdongeng yang paling perlu ditonjolkan adalah makna yang terkandung dalam dongeng, tapi bukan berarti mengaburkan ceritanya.
Dongeng sangat baik anda berikan kepada anak anda sebelum tidur. Jika anda belum pernah mendongeng pada anak anda marilah mulai sekarang mendongengi anak anda untuk mengantar mereka ke dalam pelukan malam dan bangun pagi lebih mengenal kehidupan berdasarkan norma.

Oleh I Nyoman Alit Suwarbawa

0 komentar:


Posting Komentar

 

harta karun

bagi teman2/om/tante, bisa bergabung bersama kami untuk menemukan dolar yang akan bisa anda miliki sendiri. mau gabung??? klik saja link di bawah ini...

Sitemeter

pasang barner dapat dolar

yahoo messenger